Kamis, 17 Mei 2012

Belajar dari Pemilik Usaha Foto Copy !

Assalamualaikum wr.wb

Beberapa hari yang lalu, Tugas ku benar-benar membludak, sehingga ada beberapa tugas yang belum sempat ku print. Akhirnya ku putuskan siang ini untuk ngeprint disalah satu toko kecil yang tak begitu jauh dari kost tercinta. Sesampai di toko itu, seorang bapak yang ternyata pemilik toko sekaligus karyawan menyapa ku dengan ramah. “ada yang bisa di bantu nak??” tanya bapaknya dengan ramah, kurasa umur sekitar 30 tahun ke atas.  Ku tak bisa memastikannya, karena tak mungkin minta KTp untuk mengecek Identitas bapak ini..hehehe


Barang-barang yang di jual di sini hanya berupa buku-buku, pulpen, pensil dkk, ada tempat foto copy nya juga, sekaligus juga tersedia 1 unit komputer untuk ngetik dan ngeprint. Hari ini bapak ini kelihatan sangat berseri-seri, mungkin karena di bantu oleh istri tercinta kali ya. Ku perhatikan bapak sedang memfoto copy beberapa kertas milik seorang bapak yang lebih duluan datang dari pada ku. Akhirnya istrinya mengambil alih ngeprint tugas ku.

 

Ku perhatikan dia seperti agak kebingungan menjalankan komputer, sang istri pun pasrah. Dia mengatakan gak ngerti cara  ngepint dan takut salah. Ingin ku bantu, tapi ntah mengapa, saat kejadian perkara terjadi.. hehe, aku sama sekali gaa berkutik. Maklum aku juga gak berani. Pikirku bisa jadi mungkin Komputernya lagi bermasalah, nanti kalau salah aku juga yang kena. Sang bapak sendiri juga kelihatan sangat lamban memfoto copy tugas ku, beda banget sama tempat-tempat lain yang biasanya ku jadikan tempat untuk ngeprint tugasku. Aku kurang paham ntah fasilitas dari mesinnya yang kurang canggih atau karena memang bapak ini yang belum terbiasa. Ah, ya sudahlah.

Sambil ngeprint tugas ku bapak terlibat pembicaraan dengan seorang bapak, pelanggannya yang tadi.Pak, selain usaha Foto copy, ada usaha lain gak? tanya nya. Yah, rencana sih banyak pak ,mau usaha pulsa, Rental mobil dll Ujarnya berapi-api. Tapi modalnya belum ada sekaligus yang ini juga baru mulai. Kemudian istrinya juga menceritakan tentang anaknya yang katanya baru berusia 6 tahun. oh, udah di ajarin bisnis apa ??tanyanya bapak tadi. sekarang belum pak, sekarang masih terlalu kecil .. hehe, , kalau disuruh jual pulsa juga gak mungkin kan, gak ngerti dia pakJawabnya dengan senyum ramah. Aku  memperhatikan ucapan mereka. Adik ini enak ya hidupnya, ga susah ya, kuliah lagi.. sang istri bapak tadi menatapku. gak kok bu, banyak kok yang udah sarjana tetapi pengangguran jawabku. Akhirnya tugasku selesai juga. 21 ribu semuanya ya dik ujar sang bapak. 

Yups, akhirnya aku meninggal toko ini dan melangkah setapak demi setapak menuju kost. Ah, hikmahnya apa ya, Aku mendapatkkan satu kisah lagi walaupun tak se-ektrem kisah anak jalanan. Setidaknya aku belajar banyak hal dari bapak tadi. 

Yang pertama, dalam memulai sesuatu tidak usah menunggu sempurna, jalankan terus usaha kita walaupun dengan segala keterbatasan, sempura kan dalam perjalanan. Kemudian ternyata Jiwa Entrepreneur itu harus di tanamkan sejak kecil yah. 

Dan yang paling pnting, hidup itu kejam.. hehe. Yah, istilahnya hidup itu penuh perjuangan. Sukses itu proses. Yuks teman, sukses semuda mungkin. Coba lah banyak hal selagi kita masih muda, jangan terpaku pada 1 hal yang monoton apalagi Cuma mengandalkan akademik, dan akan lebih bagus lagi akademik atau intelektual bagus, Emosional / organisasi bagus, Spriritual bagus, Jiwa entrepreneur juga bagus, apa lgi bagi anda yang laki-laki. Hidup lah sekarang, hiduplah yang berarti. Jadilah ispirasi untuk anak muda lain. SALAM SEMANGAT MUDA !!!

Written : Elviyanti
Di Rumah Perjuangan



3 komentar:

  1. Mungkin aku egois dimatamu,,..
    tapi inilah aku..
    tak dapatku sembunyikan itu..
    aku tak dapat palsukan hidupku
    setiapku baca tulisanmu
    ku merasa itu adalah aku
    berbagi semangat untuk semua
    menjadikan hidup bagai diawang

    cerita yang bagus dan inspirasi buat semua orang, buatku hidup akan indah selama kita punya impian dan keinginan..

    BalasHapus
  2. wah, terima ksih bnyak :)
    jadi tambah semangat untuk nulis, semoga jadi insipirasi untuk semua.
    SEMANGAT MUDA !!

    BalasHapus
  3. keterbatan adalah kekuatan tak terbatas

    BalasHapus