Jumat, 02 Maret 2012

Generasi Jujur. Apakah kamu ??

Assalamu'alaikum wr.wb. Untuk mencapai suatu kesuksesan percaya pada diri sendiri merupakan salah satu hal yang sangat penting. 
Jadi jangan ketergantungan sama orang lain atau apapun jenisnya itu mas bro, karena kalo suatu saat orang yang kita harapkan tidak bisa membantu kita, mungkin tinggal di lain benua, jadi nasib kita? hehe. 
Paling sering deh para siswa dan juga parahnya mahasiswa yang katanya generasi harapan bangsa menghalalkan segala demi nilai yang bagus, nah... saya paling ga setuju sama yang suka buat resep-resep masakan untuk ujian..hehe. Banyak ruginya lho sahabat, bukan sok bijak kok kawan, kalo saya pas smp masih ... yah buat-gitu-gituan, tapi parahnya selalu deh ketauan, ga berbakat sih.. hehe. 
Nah saat Sma taubat, semoga ne taubat nashuha.. hehe. Insyaallah, Aamiiiin. Susahnya ampun eh untuk benar-benar lepas dari buat resep-resep masakan, tetapi alhamdulillah karena keinginan sangat kuat akhirnya insaf beneran dalam hal menulis resep-resep begituan, bakat alam itu sudah saya buang ke lautan luas, ga layak pakai untuk era globalisasi seperti sekarang ini.
Memang sih kelihatan nya kreatif, segala macam ide muncul untuk membuat resep terbaik dan terindah, ada yang nulis di baju, ada yang di selipkan d kaus kaki, ada yang buatnya kecil-kecil banget, eh parahnya yang ngawas kejam bin kiler, alamat palsu deh jawabannya. Menghayal sambil Lihat cicak di diding ..hehe. Aduh, kadang-kadang saya pengen nangis, miris buanget deh liat yang begituan, nampak sangat Indonesia adalah negara berkembang.. 
Wah, ada pulak tuh katanya mau ke luar negeri, ntar kalo smpe di sana masih kek gituan, alamat deh indonesia di sebut bibit-bibit koruptor ( maaf ya, kalau perkataan saya mungkin menyakitkan bagi beberapa pihak ). Saya hanya kasihan saja melihat para leluhur dan pejuang bangsa kita yang sudah bersusah payah memperjuangkan kemerdekaan, tapi hasilnya apa ?? kita malah sewenang-wenang dan seenak jidat di negara ini, padahal JUJUR itu penting banget lho. Dalam agama juga di ajarin toh.. hehe ( serius ameet bacana ). Masih ingat ga tujuan didirikan Negara Indonesia, salah satunya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, apakah dengan cara seperti ini bangasa kita akan Cerdas ? ( tanya kan pada hati nurani anda masing-masing, termasuk saya juga ).
Wah, sahabat-sahabat semangat semuanya, pada tau ga kerugian melakukan hal-hal seperti itu. Ok, akan saya sebutkan beberapa. Yang pertama, bisa menghilangkan rasa percaya diri. Yang kedua, ga bangga sama diri sendiri alias seberapapun bagus nilai sahabat tetapi jika hasil dari sebuah kecurangan, ga lega deh. Yang ketiga, kita telah memasukkan kanker ke dalam hati nurani kita. Kanker itu akan semakin berkembang hingga memakan habis hati nurani kita. Miris banget kedengarannya ya. Jadi terbayang orang-orang pintar di negara kita, para-para pejabat yang suka korupsi. Padahal mereka pintar lho tetapi hati nuraninya sudah mati ??. Apakah kita harus jadi seperti mereka ?? TIDAK kan ?? kita harus jadi agen perubahan dan contoh untuk bangsa ini, yang sudah haus akan kejujuran. 
Jadi teringat sama salah satu Jargon d salah satu televisi pendidikan, gini nih “ JUJUR ITU BUKAN MASALAH BENAR ATAU SALAH, TETAPI MASALAH HATI NURANI “ .. siip deh.
Sahabat-sahabat ku, sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Begitu juga dengan resep-resep yang biasa sahabat jadikan penolong. Jadi, semoga kebiasaan seperti ini tidak menjadi budaya di negara kita. Malu plus miris liatnya. Suer deh. Saya sangat serius lho mengatakan ini. Ini mungkin masalah kecil, tetep masalah kecil yang tidak diselesaikan akan tumbuh dan berkembangmenjadi momok tersendiri untuk negara kita. Negara kita terlalu haus akan kejujuran. Bangsa ini sedang menunggu generasi-generasi pancasila.
Sahabat-sahabat semangat, menjadi jujur itu tidak sulit lho. Hanya perlu mengatakan yang sesuai kenyataan, berbuat sesuai aturan dan mulai dari diri sendiri. Ok deh, sukses selalu untuk kita semua. Saya juga bukan manusia terbaik kok. Tetapi hanya mencoba menjadi lebih baik. Semoga.SALAM SEMANGAT !!
PENULIS : Elviyanti
Di Rumah Perjuangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar